Ketika kita memulai suatu usaha , salah satu yang
paling menarik adalah pemilihan nama untuk brand/usaha kita. Bukan hanya untuk
alasan legalitas nama usaha kita tapi juga untuk menarik potensial customer.
Memilih nama brand mungkin sama prosesnya
dengan memilih nama untuk anak , karena sebuah bisnis yang baru dibuat bisa
diibaratkan seorang anak yang akan dilahirkan , yang akan kita besarkan.
BERMAKNA
Ketika memilih nama perusahaan , pastikan nama
itu memilik makna minimal bagi anda sendiri sebagai founder perusahaan ,
mungkin customer tidak perlu tahu apa makna dari nama merk/nama perusahaan
mungkin lebih baik jika bisa menggambarkan bidang atau jenis usaha anda.
Salah satu alasan yang akan sering ditanyakan
oleh pihak lain adalah “ kenapa pake nama itu ? apa artinya ? “ disini anda
bisa bercerita story / alasan anda menggunakan nama tersebut.
EJAAN
Pastikan nama usaha anda mudah untuk di eja ,
karena terkadang anda harus menyebutkan nama perusahaan anda jika sulit untuk
di eja akan membuat sang pendengar bertanya kembali dan bahkan ada kemungkinan
salah menuliskan nama brand/usaha anda.
NUANSA
Pastikan nama brand anda tidak lekang oleh
waktu , mungkin pada saat ini nama brand/usaha anda berkesan cool tapi apakah
dimasa yang akan datang nama nama sejenis itu akan Terkesan kolot ? Bahasa apa
yang akan digunakan untuk nama brand anda apakah akan menggunakan bahasa Indonesia ,
asing atau malah bahasa sansekerta ?
NAMA PERUSAHAAN & NAMA DAGANG
Nama Dagang bisa jadi berbeda dengan nama
perusahaan , Nama perusahaan anda untuk alasan legalitas bisa lebih bersifat
korporat dan sementara nama dagang bisa dibuat yang lebih mudah diingat dan
lebih singkat. Pastikan anda cantumkan nama perusahaan anda di beberapa
identitas nama dagang anda.
DOUBLE CHECK !
Cek nama usaha anda di dirjen HAKI apakah sudah
terdaftar atau belum , jika sudah terdaftar sebaiknya pilih nama lain daripada
nanti setelah besar anda akan bermasalah dengan legal.
CEK USERNAME & DOMAIN
Salah satu hal yang sering saya lakukan sebelum
memilih nama usaha baik untuk saya atau untuk klien adalah mengecek apakah
username di beberapa social media yang umum masih tersedia atau tidak. Bisa
gunakan tools untuk lebih mudah pengecekan nama.







0 komentar:
Posting Komentar