Cina memang terus membuktikan bahwa mereka adalah negara
yang juga peduli dengan lingkungan dan salah satunya dengan mencoba membangun
Beijing South yang akan menjadi sebuah stasiun kereta api terbesar di Asia.Untuk membuktikan bahwa mereka adalah cinta
lingkungan, stasiun ini menggunakan tenaga matahari sebagai sumber daya untuk
mengoperasikan stasiun kereta api ini
![]() |
| Beijing South Railway Station |
Tidak tanggung-tanggung, stasiun ini akan dipasangan
setidaknya 3.246 buah panel surya untuk mencukupi kebutuhan listrik di stasiun
ini.
Berbicara sebagai stasiun terbesar di Asia, stasiun ini
cukup untuk dimasukki sebuah pesawat terbang jenis 747 dan mempunyai atas yang
luasnya sama dengan 24 kali lapangan sepakbola. Dalam satu jam, stasiun ini bisa memberangkatkan 30.000
penumpang ke berbagai tujuan dan hebatnya, mereka cuma butuh tenaga kerja
sebanyak 150 orang aja untuk mengoperasikan stasiun terbesar ini. Asumsi kami, pasti mereka telah menggunakan teknologi yang
canggih sehingga tidak dibutuhkan orang banyak untuk mengoperasikan stasiun
kereta api ini.
Agan-agan pernah naik kereta api???.
Pasti pernah dong gan...nah kereta Api di Luar negeri
seperti di Beijing
misalnya sudah sangat Canggih sekali gan...
Yoook gan kita jalan-jalan ke sono sebentar sambil
lihat-lihat penampakan stasiun nya yang ukurannya sebesar UKURAN sebuah BANDARA
International !!!!
Nama Stasiunnya Beijing South Railway Station.
Stasiun yang beroperasi mulai 1 Agustus 2012 lalu ini
memiliki luas hingga 32.000 meter persegi. Dengan luas itu, bisa dikatakan bahwa luas stasiun kereta
ini mengalahkan luas Terminal III Bandara Internasional Soekarno Hatta,
Cengkareng Dengan Luas ini, saat ini menjadikannya sebagai Stasiun Kereta
Api terbesar di Asia . Kesan mewah dan megah sudah terlihat dari luar stasiun.
Stasiun ini dilingkari oleh lintasan jembatan layang yang semakin memberikan
kemegahan Beijing South Railway Station.
![]() |
| Beijing South Railway Station |
Dan yang sangat menarik nih gan...sang Arsitek perancang
Stasiun ini memakai konsep GO GREEN yang ramah lingkungan. Sehingga stasiun yang tinggi atapnya hingga 40 meter ini
menggunakan Tenaga Matahari (Solar Energy) sebagai sumber daya utama untuk
mendapatkan tenaga listrik yang dipakai untuk mengoperasikan keseluruhan
aktifitas di stasiun kereta api ini gan.
![]() |
| GO GREEN |
Tidak tanggung-tanggung gan, stasiun ini dipasangkan
setidaknya 3.246 buah Panel Surya (SOLAR CELL) untuk mencukupi kebutuhan
listrik di stasiun ini.
![]() |
| 3.246 buah Panel Surya |
![]() |
| SOLAR CELL |
Berbicara sebagai stasiun terbesar di Asia,
stasiun ini cukup untuk dimasuki sebuah pesawat terbang jenis Boeing 747 dan
mempunyai atap yang luasnya sama dengan 24 kali luas lapangan sepakbola
Ini Penampakan Pesawat Boeing 747 yang besarnya segede GABAN
![]() |
Boeing 747 masuk Stasiun
|
![]() |
Boeing 747 bila dibandingkan dengan Pesawat Penumpang
komersial biasa
|
![]() |
| Beijing South Railway Station |
![]() |
INDOOR Stasiun
|
![]() |
![]() |
INDOOR Stasiun
|
Mbak-Mbak pegawai Stasiun Bening-Bening gan
Sudah kayak Pramugari aja
![]() |
| Mbak pegawai Stasiun Bening-Bening |
Dalam 1 jam, stasiun ini bisa memberangkatkan 30.000
penumpang ke berbagai tujuan dan hebatnya, mereka cuma butuh tenaga kerja sebanyak
300 orang pegawai dengan gaji 4000-6000 Yuan (atau sekitar Rp 6.250.000 - Rp
9.375.000) untuk mengoperasikan stasiun terbesar ini.
![]() |
KERETA PELURU
|
![]() |
Ini kereta Peluru nya(bukan kereta api lho
seperti di
|
![]() |
Ini Beberapa Jalur Rel nya
|
![]() |
Ini Beberapa Jalur Rel nya
|
![]() |
REL DAN KERETA PELURU
|
![]() |
REL DAN KERETA PELURU
|
Dan ini gan Kecepatan Kereta Pelurunya...
![]() |
kabin kereta
|
![]() |
Kecepatan Kereta.
|
Yang menarik dari fasilitas kereta ini, hampir 100% lintasan
kereta dalam bentuk melayang atau elevated.
Hasilnya kereta dengan kecepatan yang mencapai 303 km/Jam
ini dapat melaju bebas tanpa hambatan dengan lintasan rel hingga 1.560 km dari Beijing ke Shanghai .
Harga tiket kereta peluru ini banderol 553 yuan atau sekitar
Rp 880.000.
Waktu tempuh kereta super cepat dari
Beijing-Shanghai(1.560km/1,5x panjang Pulau Jawa) ) hanya membutuhkan waktu 4
jam 55 menit.
![]() |
| INDOOR KERETA PELURU |
![]() |
| INDOOR KERETA PELURU |
Suara bising dari lintasan kereta nyaris tak ada, kereta
melaju mulus seakan melayang di udara. Goncangan atau goyangan kereta tak terasa atau tak terlihat
bergoyang, yang terlihat dari pintu jendela, pepohonan yang semakin menjauh
cepat dari pandangan mata karena efek kecepatan kereta yang tinggi.
Sumber
Sumber
Sekian jalan-jalan kita gan....
Semoga Indonesia
tercinta kita ini, cepat atau lambat akan bisa juga mempunyai Stasiun Canggih
seperti ini juga agar Masyarakat nyaman bepergian.











.jpg)



























0 komentar:
Posting Komentar